Okonomiyaki, Makanan Ringan Dengan Berbagai Varian Topping

Posted by

Okonomiyaki salah satu makanan Jepang yang terbuat dari tepung, yang dicampur dengan air atau juga dengan dashi. Sebagai bahan tambahan biasanya menggunakan, kol, telur ayam, makanan laut, atau juga daging babi dengan penggorengan yang datar biasa disebut Teppan. Makanan ini sejenis dengan Teppanyaki, yang bisa dikonsumsi dengan mentah dengan nasi putih sebagai makanan pendamping. Menggunakan sendok datar sering disebut dengan Kote (Hera), bisa juga digunakan untuk membalik Okonomiyaki.

Di dalam bahasa Jepang Okonomiyaki artinya, makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak. Untuk topping nya, bisa dibuat sesuai dengan selera bagi yang mengkonsumsi nya. Tepung yang digunakan adalah tepung yang siap pakai, untuk bahan tambahan sering menggunakan parutan umbi Yamaimo ke dalam adonan agar rasa lebih enak.

ASAL USUL DAN CIRI KHAS NYA

Street food ini berasal dari makanan ringan yang bernama Funoyaki, yang merupakan adonan dari tepung dan air. Pada era Meiji makanan yang disebut Dondonyaki, adalah hasil perkembangan dari Funoyaki dengan nori, sosis ikan, dan bumbu saus kemudian digulung. Saat era Showa Dondonyaki berkembang lagi menjadi Kyabetsuyaki, dengan menggunakan saus uster. Menurut kabar asal nya, Okonomiyaki tercipta oleh pelaut angkatan laut Jepang sedang mengaduk tepung di kota Kure. Pelaut tersebut kembali ke asalnya di Osaka, untuk mengembangkan Okonomiyaki di daerah Kansai.

Okonomiyaki, Makanan Ringan Yang Sangat Cocok Untuk Sarapan
Okonomiyaki, Makanan Ringan Yang Sangat Cocok Untuk Sarapan

Untuk ala Kansai sendiri, irisan kol dan adonan tepung terigu dicampur dan diaduk rata sebelum digoreng. Untuk jenis makanan ini yang paling klasik sering disebut Butatama, yang berisi daging sapi dan irisan cumi cumi. Pada saat sekarang ini, tersedia banyak pilihan untuk isinya. Bisa berisi daging sapi, kerang, udang, daun bawang, tenkansu, asinan jahe, kimchi, mochi, dan jagung serta keju. Pada daerah kansai, banyak rumah makan khusus Okonomiyaki menyediakan adonan dengan banyak pilihan isi. Untuk para pengunjung sendiri, bisa menggoreng sendiri atau juga bisa di bantu dengan juru masak.

MIZUNO, DOTONBORI ADALAH TEMPAT MENJUAL OKONOMIYAKI PALING TERKENAL DI JEPANG

Mizuno adalah tempat menjual Okonomiyaki yang paling terkenal, dan pastinya paling populer di Seantero Osaka. Restoran ini sudah buka mulai dari 60 tahun yang lalu, yang ada dengan panduan Michelin dan dijalankan oleh 3 generasi keluarga. Menu yang tersedia dengan berbagai bahasa, dengan bebas memilih menu vegetarian sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang. Yang paling spesial dari menu mereka, karena ada campuran daging babi pinggang, cumi cumi, udang, dan kerang segar dari laut Okhotsk.

Mizuno adalah tempat menjual Okonomiyaki yang paling terkenal, dan pastinya paling populer di Seantero Osaka
Mizuno adalah tempat menjual Okonomiyaki yang paling terkenal, dan pastinya paling populer di Seantero Osaka

Informasi Lebih Lanjut

  • Nama Tempat : Mizuno
  • Alamat : 1-4-15 Dotonbori, chou-ku, Osaka
  • Lokasi : Okonomiyaki Mizuno di sebelah Selatan jalan utama Dotonbori
  • Jam Buka : Mulai Dari jam 11:00 Sampai Jam 22:00
  • Tutup : 1 Januari (Wajib)

Makanan ini juga sangat terkenal di daerah lain, yaitu di Tokyo dengan sebutan Monjayaki. Tempat ini berlokasi di jalan, utama distrik yang bernama Jalan Monja. Beberapa arena di kota Tokyo, Okonomiyaki adalah gaya lama kerap disebut dengan Betayaki. Masakan ini disiapkan dari adonan yang tipis, kubis yang diiris, dan juga daging, dengan telur goreng dan juga mi. Makanan ini juga berkembang di berbagai kota, yaitu Manila, Taipei, Bangkok, dan bahkan sampai ke Indonesia yaitu di Jakarta.

Baca Juga : Kota Moguicheng, Tempat Wisata Yang Dijuluki Kota Iblis